- Pramuka MAN 5 Bogor Ikuti JOTA-JOTI 2025 di Bumi Perkemahan Cimandala
- JUMHANI MAN 5 Bogor: Menumbuhkan Rasa Syukur Sebagai Kunci Kebahagiaan
- Ekskul Paskibra MAN 5 Bogor Laksanakan Latihan Dasar Baris-Berbaris
- KIR MAN 5 Bogor Lakukan Studi Visit ke HOB Farming
- Pendidikan Etika di Era Digital
- Semangat Kebugaran Melalui Kegiatan RAHAJA (Rabu Sehat Jasmani)
- Upacara Bendera: Bentuk Pembinaan Kedisiplinan di MAN 5 Bogor
- MPK MAN 5 Bogor Adakan Kumpul Anggota Bahas Pengenalan dan Pendaftaran KMKB
- MPK MAN 5 Bogor Adakan Kumpul Anggota Bahas Pengenalan dan Pendaftaran KMKB
- MPK MAN 5 Bogor Adakan Kumpul Anggota Bahas Pengenalan dan Pendaftaran KMKB
Merancang KKTP dan Sosialiasi Pembelajaran diferensiasi
Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka

Keterangan Gambar : Sosialiasi Perancangan KKTP dan Pembelajaran Diferensiasi oleh narasumber Drs. Komarudin, M.Pd dan Ibu E. Yusi Suswanti Kusumah, S.Si, M.M
Mengingat kurikulum merdeka baru di selenggarakan tahun ini, seluruh civitas akademik di MAN 5 Bogor terus mengevaluasi diri untuk mempelajari dan melengkapi seluruh perangkat pembelajaran dalam kurikulum ini khususnya mengenai KKTP dan sistem pembelajaran diferensiasi yang belum banyak difahami guru.
KKTP sendiri merupakan salah satu indikator yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian KKTP ini dapat membantu pendidik agar bisa terus memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan tindak lanjut yang sesuai dengan kompetensi peserta didik.
Baca Lainnya :
- TIGA ORANG SISWA MAN 5 BOGOR BERHASIL MERAIH JUARA LOMBA0
- KAMPANYE CALON KETUA OSIS MAN 5 BOGOR PERIODE 2023-20240
- KELAS XII MAN 5 BOGOR MENGIKUTI TRY OUT II YANG DISELENGGARAKAN OLEH GAMA GLOBAL0
- KAMPANYE CALON BADAN PENGURUS HARIAN EKSTRAKURIKULER MAN 5 BOGOR 0
- Ekstra Kurikuler Ikatan Remaja Masjid MAN 5 Bogor Mengikuti PKRM yang Digelar oleh IRMA Jawa Barat 0
Berdasarkan pemaparan narasumber bapak komarudin, KKTP juga bermanfaat untuk memberikan informasi komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. Informasi inilah yang menjadi acuan dalam penyusunan instrumen asesmen agar tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai.
Selain KKTP, lebih lanjut berdasarkan pemaparan ibu wakil kepala kurikulum MAN 5 bogor, ciri dari kurikulum merdeka adalah ada pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi merupakan pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini disesuaikan dengan diagnostik awal mengenai cara belajar anak, diantaranya dibagi 3 yaitu, auditor, visual dan kinestetik. Hal ini tentunya memerlukan persiapan matang dari guru untuk mempersiapkan bahan ajar sebelum masuk ke kelas.
Merancang KKTP dan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi memanglah tidak mudah, namun semua pihak terus berusaha, berproses bersama demi mencapai goals kurikulum merdeka yaitu membentuk siswa yang mandiri dan bertanggung jawab.
Berdasarkan pemaparan pa mahfud, kita juga harus berkolaborasi dengan cara belajar bersama agar wawasan tentang implementasi kurikulum merdeka ini bertambah khususnya dalam menyusun perangkat pembelajaran, sehingga akan terasa lebih mudah.